Selamat Datang di anwarmuzacky Blogs

Rabu, 29 Februari 2012

Sholat Dhuha


Sholat Dhuha adalah sholat sunah yang di lakukan setelah terbit matahari sampai dengan menjelang masuk waktu dzuhur.Lebih afdholnya sholat sunah ini dilakukan pada pagi hari ketika matahari sedang naik atau sekitar jam 09:00.Sholat dhuha lebih sering dikenal sebagai sholat sunah untuk memohon rizki dari Allah SWT.berdasarkan hadist Qudsi yang berbunyi “Allah berfirman : Wahai anak adam jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rokaat pada waktu permulaan siang ( sholat dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada ahir harinya “ ( HR. Hakim dan Thabrani ).
Dari hadist diatas Allah memberi wanti-wanti kepada kita,bahwa jangan sekali-kali kita malas dalam meluangkan waktu kita untuk melakukan sholat dhuha.Tentu ada maksud tersendiri dari Allah yang kita tidak mengetahuinya.Dan tentu sholat sunah ini memiliki keutamaan-keutamaan yang begitu besar,sehingga Allah seakan-akan menyayangkan sekali jika sampai kita melupakan waktu dhuha begitu saja.Begitu besarnya manfaat atau faedah sholat dhuha yang dapat diperoleh dan dirasakan oleh orang yang melaksanakan sholat dhuha diantaranya adalah dapat melapangkan dada,memperluas rizki juga dalam segala hal,sebab banyak orang yang telah membuktikan dan merasakan manfaat sholat dhuha tersebut.
Banyak hadist yang menerangkan hal sholat dhuha diantaranya :
·         Barang siapa sholat dhuha 12 rokaat Allah akan membuatkan untuknya istana di surga ( HR. Tirmidzi dan Abu Majah)
·         “ siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan langgeng,akan diampuni dosanya oleh Allah sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan “ ( HR. Tirmidzi )
·         “ Dari ummu Hani ra, bahwa Rosulullah SAW sholat dhuha 8 rokaatdan bersalam tiap 2 rokaat “ ( HR. Abu Daud )
·         “ Dari Zaid bin Arqam ra berkata : Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang sholat dhuha.Beliau bersabda: Sholat awwabin ( dhuha ) berahir hingga panas menyengat ( tengah hari ) “ ( HR. Ahmad Muslim dan Tirmidzi )
·         “ Barang siapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat sholatnya setelah sholat subuh,karena melakukan I’tikaf,berdzikirdan melakukan dua rokaat sholat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan “ ( HR. Abu Daud )
·         “ Dari Abu Dzar ra. Dari Nabi SAW beliau bersabda : setiap pagi ada kewajiban untuk bersedekah untuk tiap-tiap persendian ( ruas ),tiap-tiap tasbih adalah sedekah,tiap-tiap tahlil adalah sedekah,tiap-tiap takbir adalah sedekah,dan menganjurkan kebaikan serta mencegah kemungkaran itu sedekah.Cukuplah menggantikan semua itu dengan dua rokaat sholat dhuha. ( HR. Muslim )
Doa sholat Dhuha
Jika di tulis dengan latin adalah sebagai berikut
“ Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka,wal baha-a baha-uka,wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ismata ‘ismatuka,Allahumma inkana rizkii fissamaa-I fa-anzilhu,wa inkana fil ardhi fa-ahrijhu,wa inkana ba’idam faqoribhu,wa inkana mu’siron fayasirhu,wa inkana haraaman fathohirhu,wa inkana qolilan fakatsirhu,bihaqqi dhuha-ika wabaha-ika wajamalika wa quwwatika wa qudratika a-tini ma ataytaa ‘ibadakasshalihin.
Artinya : Ya Allah sesungguhnya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu,dan keagungan itu adalah keagungan-Mu,dan keindahan itu adalah keindahan-Mu,dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu,dan ketetapan itu adalah ketetapan-Mu,dan perlindungan itu adalah perlindungan-MU,Ya Allah jika rizkiku masih di langit maka turunkanlah,dan jika masih di dalam bumi maka keluarkanlah,dan jika masih jauh maka dekatkanlah,dan jika masih sukar maka mudahkanlah,dan jika masih haram maka sucikanlah,dan jika masih sedikit maka banyakkanlah,dengan kebenaran waktu dhuha-Mu,keagungan-Mu,Keindahan-Mu,kekuatan dan kekuasaan-Mu limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.
Surat-Surat yang paling baik dibaca
  1. ·         Surat Asy-Syam
  2. ·         Surat Ad-Dhuha
  3. ·         Surat Al-Kafirun
  4. ·         Surat Al-Ikhlas
  5. ·         Surat Quraisy
Surat yang paling disunahkan ketika sholat dhuha yaitu ;:
  1. ·         Rokaat pertama setelah membaca Surat Al-Fatihah kemudian disunahkan membaca surat Asy-Syam
  2. ·         Rokaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah  kemudian disunahkan membaca surat Ad-Dhuha
Untuk rokaat berikutnya:
  1. ·         Setiap rokaat pertama disunahkan membaca surat Al-Kafirun
  2. ·         Setiap rokaat kedua disunahkan membaca surat Al-Ikhlas