Selamat Datang di anwarmuzacky Blogs

Rabu, 10 Oktober 2012

ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA BLOG



Dalam dunia internet banyak sekali istilah-istilah yang dipakai ketika menjadi seorang bloger.Mungkin ada puluhan jumlahnya baik yang dipakai dalam suatu perbincangan dalam sebuah forum online maupun dalam bahasa pada sebuah artikel yang kita baca di internet.Bgi para peselancar internet ulung mungkin udah tahu arti istilah-istilah yang biasa mereka gunakan,akan tetapi bagi para pemula seperti kita mungkin istilah tersebut akan terasa asing bahkan bisa jadi tidak tahu sama sekali.Nah sekedar bagi-bagi informasi aja nich saya ingin menuliskan tentang istilah-istilah dalam dunia blog.Mungkin artikel ini bisa bermanfaat bagi kita yang belum tahu sama sekali,sehingga nantinya kita akan berselancar di dunia blog dengan baik.Berikut istilah-istilah yang ada di dunia blog beserta artinya:
v  A-List
Sebuah daftar blogger-blogger  yang  memiliki traffic relative tinggi dan banyak dikenal di dunia blogging.biasanya merujuk pada daftar 100 technorati Blog.
v  Avatar
Adalah representasi grafis yang dapat dipilih untuk dunia chatting atau komunitas digital lainnya.Representasi ini dapat berupa gambar manusia,obyek dan binatang.
v  Advertiser
Sama artinysa dengan merchant yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.
v  Adsense
Jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet.Adsense dimiliki oleh google dan memberikan kesempatan pada para blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual diblog mereka.Setiap kali seseorang mengklick teks iklan Google Adsense,maka sipemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi.
v  Adwords
Kebalikan dari Adsense.adword memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk,jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per click (CPC).seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang hendak dibidiknya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiap kliknya.Iklsn adwords bisa muncul dihalaman hasil pencarian Google maupun di unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti program Adsnse.
v  Affiliate marketing
Disebut juga affiliasi,adalah sebuah cara yang sangat popular untuk mendapat uang dari internet dimana seorang pemilik program affiliasi member kesempatan orang lain untukmemasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.komisi bisa bersifat tetap atau berubah-ubah,dan bisa berdasarkan klik,leads atau penjualan yang terjadi.
v  Akismet
Plugin filter spam untuk blog berplatform Wordpress yang sangat popular.Dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang membuat kode Wordpress,Automattic.
v  Alexa
Sebuah perusahaan online milik Amazon .com yang memantau traffic semua situs yang ada di internet.Sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistic dari toolbar browser pengguna internet.Belakangan mereka mengubah algoritme ranking ini untuk menghilangkan bias toolbar yang banyak menguntungkan situs-situs bertopik teknologi.Semakin rendah ranking alexa,maka semakin tinggi trafficnya.Walaupun begitu terdapat sejumlah kontroversi mengenai akurasi ranking alexa ini.
v  Anchor text
Teks yang digunakan didalam back link.Kebanyakan pakar optimasi mesin pencari (SEO) sepakat bahwa anchor Text merupakan salah satu factor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog dihasil pencarian search engine.
v  Atom
Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternative RSS.Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.
v  Automattic
Perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg dan bertanggungjawab terhadap pengembangan Wordpress.org (software blog) dan wordpress (hosting) selain proyek-proyek lainnya.
v  Backlink
Hyperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain ada suatu blog atau situs.Backlink penting karena google dan mesin pencari yang lain menggunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.
v  Blackchat
Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan kadang illegal dengan tujuan tertentu.Menyembunyikan teks dibalik gambar atau mempergunakan halaman doorway dengan re-direct adalah contoh dari teknik-teknik blackchat.
v  Blog
Suatu jenis situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan pikiran,idea tau pengetahuan mengenai topic tertentu.Biasanya isinya berupa artikel,yang disebut post,dan disusun berdasarkan urutan kronologis.Awalnya blog muncul sebagai diary online,namun saat ini blog mencakup berbagai macam ceruk topic,dan bersaing ketat dengan medi massa kebanyakan.
v  Blog carnival
Sebuah event keika para bolgger berkumpul untuk membuat sebuah koleksi artikel mengenai sebuah topic tertentu.biasanya blog carnival hanya terdiri dari satu blog dengan sejumlah blog yang berpartisipasi mengirimkan artikelnya.
v  Blogger
Seseorang yang memiliki blog.Blogger juga merupakan nama komersil platform dan hosting blog gratis milik google yang lebih dikenal dengan nama blogspot.
v  Blogging
Aktivitas menulis sesuatu didalam blog.Bisa juga aktivitas yang lebih luas yang dilakukan oleh seorang blogger.misalnya berinteraksi dengan pembaca,mempersiapkanmateri konten dan lain sebagainya.
v  Bloglines
Salah satu RSS feed reader yang paling popular.Bloglines merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS feed.
v  Blogosphere
Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog atau komunitas dalam blogging.posting: kegiatan untuk mengirimkan artikel ke dalam blog.
v  Blogroll
Fitur blog yang sangat popular yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya.Fitur ini biasanya ditampilkan dibagian sidebar.Namun saat ini semakin sedikit blog yang menampilkan blogroll.
v  Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computersan Humans Apart)
Yaitu sebuah gambar yang berisi kata atau huuf yang harus diketikkan untuk verifikasi.Berguna untuk menangkal spam.
v  Comments
Hampir semua platform blog memungkinkan pembacanya untuk memberikan komentar dan meninggalkan feedback disetiap halaman posting artikel sebuah blog.Fitur inilah yang membuat blog menjadi media percakapan langsung dan telah menjadi salah satu factor kesuksesan blog di dunia internet.
v  Comment Spam
Komentar yang ditulis hanya untuk mendapatkan backlink dan diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog pihak yang menuliskan komentar spam tersebut.
v  Compete
Perusahaan analis web seperti Alexa yang memantau dan memperkirakan jumlah traffic  blog.
v  CPC (Cost Per Click)
Ia mempresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan memberikan sejumlah komisi kepada blogger setiap pengunjung mengklik iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan produknya.Disisi lain terdapat penerbit iklan yang menampilkan iklan CPC disitus atau blognya dan mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung situs atau blognya.Jaringan CPC yang paling terkenal adalah Google Adwords.
v  CPA ( Cost Per Action )
Ia mempresentasikan sebuah bentuk online advertising dimana advertiser akan membayar ketika pengunjung sebuah situs melakukan tindakan tertentu.Misalnya ketika mereka berlangganan news letter atau membeli suatu produk.Kebanyakan program affiliasi menggunakan skema CPA.
v  CPM ( Cost Per Mille )
Dimana mille berarti 1000 dalam bahasa latin.dengan demikian berarti harga per1000 impresi,dan ia mempresentasikan sebuah bentuk online advertising dimana si advertiser membayar harga tertentuketika iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.
v  CSS ( Cascading Style Sheet )
Merupakan bahasa pemrograman yang diginakan untuk membuat halaman web yang ditulis dengan kode HTML atau XHTML.Kelebihannya adalah memungkinkan anda untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi yang sama ( file CSS )
v  Custom Domain
Merupan nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternative menggantikan nama blogger ( blogspot ).Kita bisa mengganti alamat namablog.blogspot.com dengan namablog.com atau net,info,org dan lain sebagainya.
v  CNAME ( Canonical Name )
Adalah domain name alias,yaitu salah satu syntax yang dipergunakan dalam DNS untuk mengarahkan domain ke alamat tertentu.
v  Digg
Situs social bookmarking paling terkenal didunia.Pada dasarnya Digg adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya,dimana anggota komunitas dig memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil di halaman depan situs tersebut.Bagi kebanyakan blogger tampil dihalaman depan Digg adalah sebuah kebanggaan.Ia bisa memberikan ribuan pengunjung hanya dalam waktu sehari.Meskipun demikian terdapat kontroversi terhadap kualitas traffic pengunjung yang dating dari Digg karena biasanya pengunjung jarang kembali lagi dan jarang mengklik iklan.
v  Domain
Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain,adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet contoh nama domain adalah yahoo.com
Itulah beberapa istilah dalam dunia blog yang saya ketahui bagi temen-temen lain yang tahu lebih banyak lagi anda bisa menambahkannya dalam box komentar sebagi tambahan pengetahuan bagi temen-temen lain yang masih membutuhkan.